Paus Muncul di Permukaan, Ini Positif & Negatifnya

Sejumlah ikan mamalia berukuran besar jenis paus hitam, akhir-akhir ini banyak muncul di sekitar Pantai Selatan Gunungkidul. Pada saat musim kawin seperti ini ada puluhan ekor paus yang muncul di permukaan.

Koordinator Wilayah II, Search And Rescue (SAR) Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) Gunungkidul, Marjono menuturkan kemunculan paus ini tidak membahayakan baik bagi nelayan ataupun bagi wisatawan. Hanya saja biasanya para nelayan yang menggunakan jaring saat mencari ikan, ada yang mengalami kerusakan akibat tersambar paus.

“Tidak masalah selama ini belum ada kasus nelayan yang terkena serangan paus. Tangkapan ikan juga tidak terpengaruh, hasil tangkapan masih seperti biasa,” jelas Marjono, Senin (11/9/2017).

Baca juga : Musim Kawin, Paus Banyak Muncul di Permukaan

Musim Kawin, Paus Banyak Muncul di Permukaan

Sementara itu bagi para wisatawan, meskipun ikan raksasa tersebut terlihat mendekati bibir pantai namun tak membahayakan.

“Tidak apa-apa, malah itu jadi pemandangan langka bagi wisatawan yang bisa melihat paus,” jelasnya.

Salah seorang buruh penarik gondola di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, Sudaslan mengatakan beberapa pekan terakhir kemunculan paus juga terlihat di Pantai Timang. “Biasanya kami bersiul saat paus mulai terlihat, biar mereka [ikan paus] muncul lagi,” katanya.

Setiap kemunculan ikan langka itu di permukaan, menjadi daya tarik tersendiri. Para wisatawan yang datang biasanya suka melihat kemunculan hewan menyusui itu sambil memotretnya.

 

Baca juga :

Merasakan Sensasi Flying Fox Terpanjang se – Asia Tenggara di Gunung Kidul Yogyakarta

Menikmati pemandangan Gunung Merapi dari dekat di Bukit Klangon Glagaharjo, Yogyakarta

Selfi di Landmarks Negara-Negara Dunia Bukan Impian Lagi Berkat Tempat Wisata Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *