Sensasi Rasa Ayam Goreng Carub, Nikmatnya Kekinian

Sensasi Rasa Ayam Goreng Carub, Nikmatnya Kekinian

MASAKAN jenis ayam goreng sudah dikenal berbagai kalangan dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Lain halnya dengan ayam goreng wujudnya sudah diiris-iris mirip dadu lalu bertabur serundeng masih cukup langka ditemukan. Apalagi penyajian ayam goreng ini melingkari nasi putih dan serundengnya dipadu irisan lombok maupun daun bawang.

Masakan seperti ini di lokasi kuliner ‘Klopo’ kawasan Jalan Godean Sleman diberi nama ayam goreng carub. Menurut pengelola lokasi kuliner setempat, Wachid Basudewo (Dewo), adanya kata carub, sebab ayam goreng tersebut seperti ‘dicarub-carub’ dengan serundeng dan bahan tambahan lain termasuk bumbu-bumbu. Ketika ditaburkan atau dicampur dengan ayam goreng akan memberi tampilan serta sensasi rasa khas tersendiri.

“Tempat kuliner ini kami beri nama Klopo, satu di antaranya ada bahan-bahan khas dengan bahan baku memanfaatkan bagian dari pohon kelapa. Selain serundeng ada lagi olahan nira kelapa menjadi gula semut yang digunakan untuk campuran pada aneka minuman terlebih berbagai jenis kopi,” ungkap Dewo, baru-baru ini.

Ditambahkan Dewo, selain daging ayam goreng, ada juga pilihan daging sapi goreng dan tetap bertabur serundeng. Cita rasa serundeng yang kental dengan rasa gurih, kian ‘maknyuss..’ saat dipadu dengan irisan lombok maupun irisan daun bawang. Bagi pecinta rasa pedas, dapat memesan lombok dengan jumlah lebih banyak alias level pedas. Bumbu serundeng antara lain ada kencur, trasi, bawang merah, bawang putih dan salam. Saat disajikan kepada konsumen, bagian atas nasi yang dicetak rapi diberi lalapan pakcoy rebus dan dipadu taburan wijen.

Selain makanan berat, tersedia juga berbagai pilihan makanan ringan (snack). Tak ketinggalan ada masakan sup yang menyegarkan disantap kapan saja, apalagi saat cuaca dingin. Sedangkan minumannya antara lain berbahan kopi dan cokelat. Jenis kopi murni antara lain Gayo, Toraja dan Bali dapat dipesan tanpa gula maupun menggunakan gula. Ada lagi kopi yang dicampur-campur termasuk dengan bahan lain, misalnya jenis capucino serta ekspreso.

“Gula yang kami gunakan jenis gula semut, karena banyak diyakini termasuk gula organik dan menyehatkan,” tandas Dewo.

source

BACA JUGA:

Soto ‘Sami Remen’, Rahasia Sedapnya Ada di Ayam Jago

Mezzanine, Padukan Makan dan Nongkrong Asik di Rumah Kaca

Bakso Cak Gono, Salah Satu Perintis Bakso Ketupat di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *